5 Fakta Rusia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2018

Jutaan pasang mata pecinta sepak bola pas ini tertuju pada putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. 32 Tim Nasional (Timnas) bertanding untuk merebut predikat sebagai raja sepak bola di event empat tahunan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), tak terkecuali Timnas Rusia yang melakukan tindakan sebagai tuan rumah.

5 Fakta Rusia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2018

Sejak ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 oleh FIFA, negara bersama julukan Beruang Putih ini berkomitmen untuk mencetak sejarah, baik sebagai peserta maupun penyelenggara Piala Dunia FIFA yang udah capai edisi ke-21. Kamis (2/12/2010) menjadi hari bersejarah bagi Rusia yang terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018. Persiapan pun dijalankan Rusia sejak 8 th. silam.

Dari berbagai persiapan yang dilakukan, terkandung 5 fakta menarik terkait terpilihnya Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Apa saja fakta menariknya? Berikut ulasannya:

1. Telah dipilih sejak 9 th. silam

Sejarahnya, pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2018 dimulai sembilan th. silam. Tepatnya, pada 15 Januari 2009 dikala FIFA membuka peluang untuk negara Eropa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Sesuai kronologis benua, Piala Dunia 2018 memang menjadi jatah negara-negara di Eropa.

2. Rusia mengalahkan enam kandidat lain

Terdapat enam negara Eropa yang berminat sebagai penyelenggara Piala Dunia 2018, di antaranya Inggris, Rusia, kolaborasi Belanda dan Belgia, serta duet Portugal dan Spanyol. Sesuai keputusan hasil sidang, Rusia mengalahkan keenam kandidat negara penyelenggara Piala Dunia 2018 lainnya. Sidang penunjukan tuan rumah Piala Dunia 2018 ini hanya diikuti oleh 22 berasal dari 24 bagian komite eksekutif, menyusul skors yang diberikan kepada dua bagian lainnya yang dikira terlibat skandal suap.

3. Terpilihnya Rusia berdasarkan dua kali voting

Keputusan sidang penunjukan tuan rumah Piala Dunia 2018 ditentukan oleh hasil voting yang dilakukan. Pada pemilihan putaran pertama, Inggris tereliminasi gara-gara hanya mendapat dua suara. Sementara itu, Rusia memimpin bersama 9 nada diikuti Portugal/Spanyol yang mendapat 7 suara, dan Belgia bersama 4 suara. Namun, hasil selanjutnya belum capai final gara-gara belum tersedia negara yang mendapat nada di atas 50 persen, maka dijalankan voting kedua.

Baca Juga :

4. Hasil voting Rusia meraih 13 suara

Pada pemilihan putaran kedua, Rusia mendulang 13 suara, diikuti Portugal bersama 7 nada dan Belgia/Belanda yang kehilangan 2 nada di putaran pertama, menjadi hanya meraih 2 suara. Dengan nada lebih berasal dari 50 persen, maka Presiden FIFA, Sepp Blatter, pas itu mengumumkan Rusia sebagai tuan rumah pada 2 Desember 2010.

“Pada th. 2018 dan 2022, kita dapat menuju ke wilayah-wilayah baru, gara-gara Piala Dunia belum dulu ke Rusia atau Eropa Timur,” kata Presiden FIFA yang menjabat pas itu, Sepp Blatter.

Sebagai informasi, pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2022 digelar berbarengan pada pas itu juga, dimana Qatar sukses terpilih sebagai tuan rumah.

5. Menjadi cuma satu tuan rumah berasal dari negara di Eropa Timur

Dalam sejarahnya, Benua Eropa memang udah 10 kali menjadi penyelenggara Piala Dunia. Namun, lebih dari satu besar digelar di negara-negara berasal dari Eropa Barat dan Selatan. Maka, terpilihnya Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 merupakan pertama kalinya sekaligus menjadi cuma satu negara di Eropa Timur yang menyelenggarakan Piala Dunia.

Itulah lebih dari satu fakta menarik dibalik terpilihnya Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. Lalu, berasal dari 32 negara peserta siapakah yang Anda jagokan untuk capai babak final dan capai gelar juara Piala Dunia 2018?

June 20th, 2018 by