5 Makanan untuk Meningkatkan Kolesterol Baik

5 Makanan untuk Meningkatkan Kolesterol Baik

5 Makanan untuk Meningkatkan Kolesterol Baik

Kolesterol tak senantiasa jahat. Terdapat kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda sanggup mengkonsumsi sejumlah maengan makna high-density lipoprotein atau HDL.

Sedangkan kolesterol jahat disebut bersama dengan low-density lipoprotein (LDL). Gabungan dari HDL, LDL, dan trigliserida atau sejenis lemak yang dibawa dalam darah, akan berikan persentase kolesterol total.
Pasang Bola
Kadar HDL yang tinggi akan menolong menghilangkan kolesterol buruk dan penumpukan plak di pembuluh darah supaya mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol baik atau HDL sanggup diketahui melalui kontrol darah. Tingkat HDL yang ideal adalah 60 mg/dL atau lebih.

Berikut makanan untuk menambah persentase kolesterol baik.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan layaknya kacang polong hitam, kacang merah, dan lentil adalah sumber serat larut yang baik untuk tubuh. Kacang juga kaya akan folat atau vitamin B yang sanggup menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Nutrisi di dalam kacang sanggup menolong menambah persentase kolesterol baik.

2. Buah memiliki serat tinggi

Buah-buahan yang memiliki serat tinggi layaknya apel, pir, dan pepaya sanggup menolong turunkan LDL dan menambah persentase HDL.

3. Ikan berlemak

Dikutip dari Healthline, persentase asam lemak omega 3 dalam ikan berlemak sanggup turunkan LDL, supaya menambah kolesterol baik. Asam lemak omega 3 sanggup didapatkan dari ikan tuna, sarden, kembung, dan salmon.

4. Kedelai

Produk olahan dari kedelai juga baik untuk menambah persentase kolesterol HDL. Produk olahan kedelai yang baik diantaranya susu kedelai, tempe, dan tahu.

5. Yogurt

Kunjungi Juga : Tips Kesehatan Singkat,Berita Kesehatan Terbaru

Dikutip dari Eat This, studi menunjukkan, yogurt dan susu fermentasi memiliki khasiat yang baik untuk kesegaran jantung dan pembuluh darah. Pilih yogurt bersama dengan protein yang tinggi dan tanpa tambahan gula.

March 16th, 2021 by