Acanthosis Nigricans

Acanthosis nigricans ialah kelaian kulit yang diisyarati dengan terdapatnya bagian kulit yang nampak lebih tebal serta lebih gelap dari kulit di sekelilingnya. Kadangkala situasi kulit dikira nampak berbintik, alhasil beberapa pengidap berupaya menggosok- gosok kulitnya. Tetapi aksi itu tidak menimbulkan acanthosis nigricans lenyap.

Acanthosis nigricans awal dikenali pada tahun 1889 di Jerman oleh Unna serta Pollitzer. Bermacam riset dicoba serta ditemui kalau keanehan kulit ini berhubungan dengan resistensi insulin yang melandasi terbentuknya diabet melitus.

Penyakit Acanthosis Nigricans( TOON DANUCHOT atau Shutterstock)

Pemicu Acanthosis Nigricans

Pemicu tentu dari acanthosis nigricans belum dikenal, tetapi keanehan kulit ini banyak ditemukan pada situasi:

Obesitas

Prediabetes serta diabetes

Polycystic ovaries syndrome( PCOS)

Dampak sisi obat semacam steroid, asam nikotinat, kontrasepsi hormonal

Kanker saluran pencernaan

Penaksiran Acanthosis Nigricans

Acanthosis nigricans biasanya berhubungan dengan kendala insulin. Oleh sebab itu, orang yang hadapi acanthosis nigricans hendaknya menempuh pengecekan buat mengenali kandungan insulin serta gula darah. Pengecekan itu berbentuk gula darah puasa, gula darah sehabis makan, kandungan hemoglobin terglikosilasi( HbA1c), serta c- peptida dalam darah.

Apabila acanthosis nigricans terjalin pada orang yang berumur 50 tahun ke atas, mungkin terdapatnya kanker saluran pencernaan butuh dipikirkan. Oleh sebab itu, biasanya dokter hendak menyarankan pengecekan darah, endoskopi, CT- scan, ataupun MRI buat membenarkan terdapat tidaknya kanker.

Pertanda Acanthosis Nigricans

Ciri penting dari acanthosis nigricans merupakan terdapatnya zona kulit yang menghitam serta merimbun. Keanehan di kulit ini pada biasanya tidak memunculkan keluhkesah mengerinyau, perih, ataupun keluhkesah yang lain.

Bagian kulit yang sangat kerap hadapi keanehan merupakan tengkuk leher, ketek, serta bekuk pukang. Pada beberapa kecil permasalahan, acanthosis nigricans bisa timbul di puting buah dada, gerong mulut, serta mata.

Dekat 30 persen permasalahan acanthosis nigricans ialah bagian dari kanker, paling utama kanker alat pencernaan. Kanker alat pencernaan diisyarati dengan terdapatnya penyusutan berat tubuh yang ekstrem, perut nampak membengkak, muntah, kendala campakkan air besar.

Sedangkan itu, pada 70 persen permasalahan yang lain, acanthosis nigricans berhubungan dengan prediabetes serta diabet. Prediabetes tidak mempunyai pertanda apapun, begitu pula beberapa permasalahan diabet tidak bergejala. Tetapi diabet bisa pula membuktikan pertanda semacam lebih kerap campakkan air kecil( sampai kerap tersadar di malam hari buat campakkan air kecil), gampang dahaga, serta gampang lapar.

Penyembuhan Acanthosis Nigricans

Tujuan penyembuhan acanthosis nigricans merupakan buat menyembuhkan penyakit yang menimbulkan terbentuknya keanehan kulit itu.

Sebab acanthosis nigricans biasanya berhubungan dengan kendala insulin serta terdapatnya diabet, hingga mempraktikkan style hidup segar berarti buat dicoba. dengan Misalnya dengan melaksanakan kegiatan raga dengan tertib( minimun 4 kali dalam sepekan dengan lama berolahraga minimun 30 menit) serta menata pola makan–seperti mengkonsumsi santapan yang besar serat serta kecil lemak.

Apabila pengidap acanthosis nigricans pula hadapi diabet, hingga mengkonsumsi obat diabet cocok imbauan serta kontrol dari dokter pula butuh dicoba. Bila acanthosis nigricans terjalin sebab dampak sisi obat semacam steroid, asam nikotinat, kontrasepsi hormonal, hingga pemakaian obat itu wajib dihentikan.

Sedangkan itu, penyembuhan buat acanthosis nigricans sendiri cuma buat kebutuhan kosmetik saja. Buat memudarkan keanehan kulit yang terjalin, sebagian obat yang dibalurkan ke ke kulit, semacam asam retinoat, hydroquinone, fluocinolone, serta asam salisilat, bisa diserahkan. Tetapi pemakaian obat ini cuma bisa dicoba dengan formula serta imbauan dokter.

Apabila acanthosis nigricans berhubungan dengan terdapatnya kanker, hingga tidak tidak sering pembedahan butuh dicoba.

Penangkalan Acanthosis Nigricans

Buat menghindari acanthosis nigricans, sebagian perihal yang bisa dilakukan

merupakan:

Piket berat tubuh supaya senantiasa terletak dalam bentang ideal

Komsumsi santapan besar serat serta kecil lemak

Berolahraga teratur

Menjauhi paparan asap rokok serta stres

September 5th, 2020 by