Jelang Puasa, Terminal Kalideres dan Grogol Rawan Pengemis

Jelang Puasa, Terminal Kalideres dan Grogol Rawan Pengemis Menjelang puasa Ramadan, banyak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) khususnya pengemis musiman mendatangi Jakarta Barat. Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Jakarta Barat memprediksi Terminal Grogol dan Kalideres sering didatangi pengemis.

“Antisipasi pengemis musiman di Jakarta Barat itu Terminal Grogol dan Terminal Kalideres. Biasanya turun dari daerah (luar Jakarta),” ujar Kasie Ransos Sudinsos Jakarta Barat, Sutawijaya, saat dihubungi detikcom, Rabu (9/5/2018).Menurut dia, belum ada pengemis musiman yang terjaring razia menjelang puasa. Petugas akan mulai siaga sebelum awal Ramadan pada 15 Mei 2018.

“Dengan lima wilayah (di seluruh Jakarta) besok Jumat (11/5) akan ada apel bersama di (kantor Dinas Sosial) Gunung Sahari,” kata Sutawijaya.

Operasi dan razia akan ditingkatkan menjelang dan selama bulan Ramadan. Hal ini mengingat PMKS selalu berpindah-pindah tempat.

“Dia kan tahu kami jaga ya seperti kucing-kucingan lah. Cari aman, turunnya di mana,” ucap Sutawijaya.

Sutawijaya belum bisa memprediksi berapa jumlah pengemis musiman yang akan datang ke Jakarta Barat. Namun, dia yakin pasti akan ada pengemis musiman datang.

“Saya belum bisa prediksi. Jumlah kan nanti ketahuan nanti. Yang musiman akan kelihatan,” kata Sutawijaya.

May 9th, 2018 by