Tanggapan Kemenkes RI Perihal Nama-Nama Tersohor yang Akan Disuntik Vaksin COVID-19

Tanggapan Kemenkes RI Perihal Nama-Nama Tersohor yang Akan Disuntik Vaksin COVID-19

Beredar slide memuat nama-nama pejabat hingga tokoh agama yang menjadi group prioritas penerima vaksin COVID-19. Nama-nama selanjutnya tertulis dalam daftar penerima vaksin COVID-19 yang bakal disuntik perdana dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap 13 Januari 2021 mendatang.
Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmizi menegaskan slide yang beredar tidak formal dikeluarkan oleh Kemenkes.
“Slidenya bukan formal Kemenkes ya dan Info selanjutnya tidak dapat dijadikan rujukan,” ujar Nadia pas dilakukan konfirmasi Health Liputan6.com terhadap Jumat, 8 Januari 2021.

Pemerintah masih mengulas nama-nama yang bakal ikuti vaksinasi COVID-19 perdana. Ia termasuk meminta seluruh pihak tidak merujuk dan menyebarluaskan Info tersebut.

“Hngga pas ini, pelaksanaan dan tokoh-tokoh yang bakal ikuti vaksinasi COVID-19 perdana masih dalam tahap pembahasan dan kita masih tunggu keluarnya izin darurat vaksin,” terang Nadia.

“Kami pastinya meminta seluruh pihak untuk tidak merujuk dan menyebarluaskan Info selanjutnya dan juga tunggu Info formal tentang pelaksanaan vaksinasi COVID-19.”
Nama Pejabat dan Tokoh Agama yang Disuntik Vaksin COVID-19

Pada slide yang beredar, tertulis 3 group yang terima vaksinasi perdana terhadap 13 Januari 2020 (padahal harusnya 2021)

Kelompok 1: pejabat publik yang terdiri dari Presiden, Menteri Kesehatan, Menteri BUMN, Menteri Luar Negeri, Mendiknas, Panglima TNI, Kapolri, Ketua Satgas COVID-19, dan Kepala BPOM.

Kelompok 2: pengurus asosiasi profesi dan key opinion leader kesehatan, yang terdiri atas Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhillah, Ketua Pengutus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Emi Nurjasmi.

Kemudian tersedia ahli vaksin Dirgayuza Rambe, Ketua Muhammadiyah COVID-19 Command Center Agus Syamsuddin, Ketua Satgas NU COVID-19 M Makky Zamzamy, Najwa Shihab, dr Tirta, dan juga artis Bunga Citra Lestari dan Raffi Ahmad.

Kelompok 3: tokoh agama tertulis Ketua PBNU Marsyudi Suhud, perwakilan Muhammadiyah, Ustadz Das’ad Latief, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, perwakilan organisasi Kristen, Katolik, Budha, dan Hindu.

January 8th, 2021 by