Makanan Pahit yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Makanan Pahit yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Makanan Pahit yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Makanan dengan rasa pahit sering kali memperoleh reputasi tidak baik di dunia kuliner. Namun, siapa sangka, beberapa makanan pahit justru mengimbuhkan faedah untuk kebugaran dengan menambah proses imun tubuh.

Makanan pahit kaya akan gizi dan punya kandungan beraneka nutrisi yang diperlukan demi menjaga tubuh selalu sehat.
Pasang Bola
Beberapa faedah yang bisa didapatkan dengan konsumsi makanan pahit di antaranya menghambat kanker, penyakit jantung, diabetes, dan masih banyak lagi.

Mengutip Healthline, tersebut makanan pahit yang baik untuk kesehatan.

1. Pare

Pare punyai rasa yang terlampau pahit. Pare umumnya banyak dikonsumsi oleh penduduk Asia dan Afrika.

Pare dikemas dengan fitokimia seperti triterpenoid, polifenol, dan flavonoid yang udah terbukti memperlambat pertumbuhan beraneka style kanker. Pare termasuk digunakan untuk menopang turunkan kandungan gula darah.

Seperti umumnya makanan pahit, pare kaya akan antioksidan. Senyawa ini menopang menghambat rusaknya sel yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

2. Sayuran cruciferous atau silangan

Sayuran yang masuk didalam group ini umumnya ada dengan rasa pahit. Beberapa sayuran yang masuk ke didalam group ini di antaranya brokoli, kubis Brussel, kubis, kangkung, dan lobak.

Deretan sayuran tersebut punya kandungan senyawa glukosinolat. Selain bertanggung jawab atas rasa pahit yang dihadirkan, senyawaini termasuk berperan didalam mengimbuhkan begitu banyak ragam faedah kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa glukosinolat bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, glukosinolat didalam sayuran silangan termasuk menopang enzim hati memproses racun dengan lebih efektif.

3. Daun dandelion

Dandelion boleh menjadi hanya tanaman gulma. Namun, daunnya bisa dikonsumsi dan bergizi tinggi.

Daun dandelion bisa dimakan mentah didalam salad, ditumis, atau dimasukkan ke didalam sup. Karena rasa pahitnya yang begitu kentara, sering kali daun dandelion dipadukan bahan lain yang mengimbuhkan rasa seperti bawang putih dan lemon.

Daun dandelion kaya akan vitamin dan mineral, termasuk kalsium, mangan, zat besi, vitamin A, C, dan K. Daun ini termasuk punya kandungan karotenoid lutein dan zeaxanthin yang menjaga mata dari katarak dan degenerasi makula.

Selain itu, daun dandelion termasuk merupakan sumber probiotik inulin dan oligofruktosa yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di didalam usus. Pada gilirannya, bakteri baik ini bisa menopang menambah proses kekebalan tubuh.

4. Kulit jeruk

Daging jeruk boleh menjadi mengimbuhkan rasa yang manis atau sedikit asam. Tapi, beda halnya dengan kulit jeruk, yang justru ada dengan rasa pahit yang mencolok.

Kulit jeruk punya kandungan flavonoid yang menjaga buah dari serangan hama sekaligus mengimbuhkan banyak faedah kesehatan. Kulit jeruk punya kandungan konsentrasi flavonoid yang lebih tinggi daripada bagian buah lainnya.

Flavonoid terhadap jeruk punyai cii-ciri antioksidan yang kuat. Antioksidan menopang tubuh melawan pertumbuhan sel kanker, menambah detoksifikasi, dan kurangi peradangan.

5. Cranberry

Cranberry merupakan tidak benar satu buah beri merah dengan rasa yang pahit. Cranberry punya kandungan polifenol yang bisa menghambat bakteri menempel ke permukaan, seperti jaringan tubuh manusia.

Kunjungi Juga : Tips Kesehatan Singkat,Berita Kesehatan Terbaru

Polifenol yang tersedia terhadap cranberry berfaedah untuk kurangi rusaknya gigi, turunkan risiko infeksi di perut, usus, dan saluran kemih.

Selain berwujud antibakteri, cranberry termasuk punya kandungan senyawa antioksidan. Cranberry apalagi punya kandungan konsentrasi antioksidan tertinggi di pada 24 style buah yang sering dimakan.

March 2nd, 2021 by