Penyakit Dan Gejala Anyang -Anyangan

 

 

Resiko seseorang perempuan terserang anyang- anyangan sejauh hidupnya menggapai 50 persen. Mayoritas wanita pula beresiko hadapi situasi ini kesekian kali, apalagi sampai bertahun- tahun.

Kerap membasuh abaimana dari balik ke depan sehabis campakkan air? Lekas hentikan kerutinan ini, sebab dapat menimbulkan anyang- anyangan, yang sangat kerap diakibatkan oleh peradangan saluran kencing( ISK). Perihal ini diakibatkan oleh kuman dari usus besar yang pula ada di dekat anus, semacam E. coli, masuk ke saluran kencing sebab metode mensterilkan Miss V yang tidak betul. Kuman ini setelah itu menginfeksi kandungan kencing yang bila tidak lekas diatasi pula bisa menginfeksi ginjal.

Was- was Anyang- anyangan

Anyang- anyangan tidak senantiasa memunculkan pertanda yang khusus. Tetapi, pertanda selanjutnya dengan cara biasa bisa jadi isyarat Kamu dapat jadi hadapi anyang- anyangan.

*Hasrat berlebih buat campakkan air kecil.

*Nyeri ataupun rasa melilit dikala campakkan air kecil.

*Buang air kecil lebih kerap, tetapi dengan daya muat sedikit demi sedikit.

*Nyeri pada panggul bila terjalin pada perempuan.

*Urine beraroma menusuk, lebih kental, terkadang berbaur darah.

*Merasa letih serta kurang segar.

*Demam.

Tidak hanya itu, pertanda yang melampiri anyang- nyangan pula dapat berlainan cocok bagian sistem kencing mana yang terkena, semacam:

Ginjal( pielonefritis kronis)

Pielonefritis biasanya diakibatkan oleh kuman, tetapi dapat pula diakibatkan oleh jamur. Cirinya perih pada pinggang balik atas, meriang besar, mual, muntah.

Kandungan kencing( cystitis ataupun sistitis)

Perih campakkan air kecil ataupun anyang- anyangan sangat kerap diakibatkan oleh peradangan pada kandungan kencing( cystitis). ISK tipe ini umumnya diakibatkan oleh kuman E. coli, dapat pula kuman lain, yang biasa ditemui di saluran pencernaan. Ciri- cirinya merupakan perasaan tidak aman pada perut bagian dasar, panggul terasa semacam ditekan, campakkan air kecil kesekian kali serta terasa perih, dan terdapatnya darah pada air kemih.

Saluran berkemih( uretritis)

Lubang saluran berkemih terasa melilit dikala kencing. Faktornya serupa, ialah dampak menyebarnya kuman pada sistem pencernaan dari anus ke saluran kencing. Sebab posisi saluran kencing bersebelahan dengan Miss V, penyakit meluas intim semacam klamidia, gonore, serta herpes pula bisa menimbulkan uretritis.

Bila Kamu Hadapi Anyang- anyangan

Memeriksakan diri ke dokter bila Kamu hadapi satu ataupun sebagian situasi di atas. Dokter hendak melaksanakan pengecekan raga serta bila dibutuhkan, mengecek ilustrasi air kemih buat mengetahui mungkin kehadiran kuman pemicu anyang- anyangan. Pada biasanya, situasi ini hendak ditangani dengan pemberian antibiotik yang wajib disantap hingga habis, dicocokkan dengan tipe kuman di dalam air kemih. Tidak hanya itu, dokter bisa meresepkan obat antinyeri buat kurangi rasa melilit ataupun perih dikala campakkan air kecil.

Kamu pula bisa mengompres perut bagian dasar dengan kantung ataupun botol bermuatan air hangat, buat kurangi perih pada kandungan kencing. Tidak hanya itu, Kamu hendak dianjurkan buat minum banyak air buat menolong melancarkan pengeluaran kuman dari saluran kencing.

Tetapi bila Kamu mengidap ISK kesekian, sampai sebagian kali, hingga dokter hendak mengusulkan penyembuhan lain, semacam:

Bila peradangan Kamu dicurigai terdapat hubungannya dengan kegiatan intim, dokter hendak meresepkan antiobiotik buat disantap sehabis berkaitan intim. Pendamping intim Kamu pula butuh diatasi supaya pangkal peradangan bisa ditangani sampai berakhir.

Pemberian antibiotik buat durasi yang lebih lama.

Sehabis merambah era menopause, pengobatan estrogen bisa diserahkan buat kurangi resiko anyang- anyangan kembali terulang.

Sedangkan ISK yang berat bisa jadi menginginkan pemberian antibiotik lewat infus di rumah sakit.

Bila tidak lekas ditangani, ISK bisa menimbulkan resiko sungguh- sungguh, semacam kehancuran ginjal dampak peradangan ginjal kronis ataupun parah, paling utama pada kanak- kanak. Pada bunda berbadan dua, ISK yang tidak ditangani bisa tingkatkan resiko anak lahir prematur ataupun anak lahir dengan berat tubuh kecil.

Orang yang Lebih Berisiko

Seluruh orang, pria ataupun wanita, memanglah bisa menderita anyang- anyangan, tetapi terdapat yang lebih beresiko hadapi suasana ini, ialah:

*Wanita lebih beresiko hadapi anyang- anyangan sebab saluran kencingnya lebih pendek, alhasil kuman lebih gampang menggapai kandungan kencing.

*Wanita yang aktif dengan cara intim.

*Wanita yang memakai perlengkapan kontrasepsi, paling utama kontrasepsi diafragma serta spermisida.

*Wanita yang telah menopause.

*Wanita ataupun laki- laki yang mempunyai keanehan saluran kencing bawaan semenjak lahir.

*Adanya penyumbatan pada saluran kencing, semacam batu ginjal ataupun pelebaran prostat.

*Wanita ataupun laki- laki yang mengidap kelemahan sistem imunitas badan.

*Orang yang memakai kateter buat campakkan air kecil.

*Baru saja menempuh pembedahan ataupun pengecekan saluran kencing.

Penangkalan Anyang- anyangan

Bila Kamu hadapi salah satu dari situasi di atas, hendaknya berjaga- jaga serta lekas jalani tindakan- tindakan penangkalan supaya bebas dari anyang- anyangan. Walaupun anyang- anyangan merupakan keluhkesah yang biasa terjalin, tetapi senantiasa terdapat keadaan yang bisa dicoba buat kurangi resiko terbentuknya situasi ini:

*Hindari minuman yang beresiko memunculkan iritasi pada kandungan kencing, semacam minuman enteng yang memiliki sitrus, minuman beralkohol, serta minuman berkafein.

*Konsumsi lumayan air putih buat menghasilkan kuman serta memperlancar pengasingan air kemih.

*Bagi perempuan, sehabis campakkan air besar ataupun kecil, cuci abaimana dari arah depan ke balik buat kurangi penyebaran kuman dari anus ke Miss V serta saluran berkemih.

*Segeralah campakkan air kecil sehabis berkaitan intim.

*Hindari memakai produk buat zona kewanitaan, semacam basut pembersih ataupun bubuk yang beresiko memunculkan iritasi.

Dengan mempraktikkan cara- cara di atas serta menempuh pola hidup segar, Kamu bisa memperkecil resiko hadapi anyang- anyangan kembali ataupun apalagi bisa menjauhi resiko terserang penyakit ini semenjak dini.

October 6th, 2020 by