Penyakit Seribu Wajah Banyak Menyerang Wanita,

 

Penyakit seribu wajah, itulah nama lain dari penyakit lupus.

Penyebabnya tidak lain karena penyakit autoimun ini sangat sulit sekali dideteksi.

Tapi, biasanya biasanya penderita yang terserang penyakit ini akan ditandai dengan gejala seperti peradangan, pembengkakan, dan kerusakan pada persendian, kulit, ginjal, darah, jantung, dan paru-paru.

Baca Juga: Trauma Pergoki KD Berduaan dengan Raul Lemos di Bali, Aurel Hermansyah Janji Akan Mutilasi Sang Ayah Jika Ikutan Selingkuh: ‘Besok Kita Makan Sosis’

Ada beberapa jenis Lupus yang bisa mnyerang seseorang seperti Cutaneus Lupus Erythematosus (CLE), yakni manifestasi lupus pada kulit yang dapat berdiri sendiri atau bagian dari lupus sistemik.

Kemudian Lupus karena pengobatan, sama seperti namanya jenis lupus ini disebabkan oleh obat-obatan yang menimbulkan efek seperti Lupus, untungnya gejala yang ditimbulkan tersebut biasanya tidak terlalu lama.
Ada juga Lupus Neonatal, yaitu jenis lupus yang terjadi pada bayi baru lahir.

Namun dari beberapa jenis lupus tersebut, yang paling sering terjadi adalah jenis Lupus Eritematosus Sistemik (SLE) yang sering disebut sebagai Lupus “penyakit seribu wajah”.

Baca Juga: Orang Yang Punya Riwayat Sindrom Guillain-Barre Tidak Perlu Vaksin Influenza

Lupus SLE sendiri merupakan Lupus yang terjadi secara sistemik atau menyeluruh.

Disebut sebagai Lupus sistemik dikarenakan biasa terjadi pada berbagai organ, terutama seperti sendi, ginjal, dan kulit.

Gejala utama yang ditimbulkan tentunya peradangan atau inflamasi kronis pada organ-organ tersebut.

Jenis Lupus ini disebut sebagai “penyakit seribu wajah”, disebabkan karena Lupus SLE memiliki gambaran klinis yang luas serta tampilan alur penyakit yang beragam dan gejala yang mirip dengan penyakit lainnya.

October 1st, 2020 by